New Top 5
Loading...
Jumat, 26 Juli 2013

5 Hewan Terpintar Di Dunia

5. Tupai


Tupai adalah salah satu hewan yang paling lucu yang mau belajar dan layak untuk dilindungi dan dilepas  ke alam bebas. Mereka penyayang, lucu dan cerdas, mereka suka bersenang – senang dan kadang menggoda binatang lain seperti anjing untuk bermain bersama mereka. Keahlian mereka adalah melompat, tupai dapat melompat 10 kali lebih panjang dari ukuran tubuh mereka. Mereka dapat memutar pergelangan kaki mereka 180 derajat. Mereka cepat belajar hanya dengan melihat tupai yang lain. Dalam ketajaman dari sistem visual mereka, kepekaan dan ketrampilan mereka dapat memanipulasi objek, keramahan mereka dan kemampuan untuk menipu, tupai ternyata mengejutkan mirip dengan primata. Sebagai binatang pengerat seperti tikus, tupai juga menggunakan kumis sebagai sistim menavigasi dunia mereka, mata mereka juga menakjubkan, mereka dapat melihat kesamping, keatas tanpa harus menggerakkan kepala. Tupai sering terlihat mengubur biji atau makanan untuk disimpan sampai musim dingin, ini menunjukkan tupai hewan yang cerdas dan mampu untuk dapat memecahkan masalah.


4. Gajah
Sudah tidak diragukan lagi bahwa gajah adalah hewan yang pintar. Mereka cepat belajar, dapat mengikuti perintah manusia di penangkaran. Ukurannya yang besar seperti raksasa menjadikan mereka lamban dan kurang gesit, tetapi otaknya menyimpan memori dengan sangat baik. Berlawanan dengan persepsi populer, gajah lebih dari sekedar lamban raksasa dengan telinga besar dan memori yang baik. Bahkan, gajah cukup elegan, berbudaya dan ingin tahu. Gajah juga sangat perhatian dan empati kepada anggota lain dari kelompok mereka dan spesies lain, mereka akan berduka jika salah satu temannya mati. Sebuah prestasi puncak, beberapa peneliti mengatakan, ketika gajah betina dari Asia betina bernama Happy diakui dirinya di cermin. Gajah berkomunikasi melalui jarak jauh dengan memproduksi dan menerima suara frekuensi rendah (infrasonik) dan ini dapat menjelaskan bagaimana gajah bisa menemukan calon pasangan jauh, dan bagaimana kelompok sosial mampu mengkoordinasikan gerakan mereka. Gajah mahir menggunakan alat hanya sekedar untuk bermain-main atau memuaskan rasa ingin tahunya, seperti melukis dengan kuas di atas kanvas.


3. Orangutan

Kera besar yang dianggap sebagai makhluk paling cerdas setelah manusia. Mereka sering disebut sebagai kerabat dekat manusia. Mereka memiliki budaya yang kuat dan sistem komunikasi, mereka adalah hewan yang ramah, berkumpul bersama bahkan berbagi makanan. Mereka menggunakan tongkat untuk mengambil makanannya dan menggunakannya sebagai pelindung sinar matahari. Baru – baru ini seekor orangutan yang berusia 15 tahun yang tinggal di kebun binatang di Perth keluar dari kandangnya atau lebih tepatnya melarikan diri. Bahkan penjaga kebun binatang melakukan uji kecerdasan terhadap hewan ini dengan menggunakan layar sentuh, hasilnya mereka akan memilih pisang dan brokoli sebagai makanan favorit mereka.


2. Lumba-lumba

Kapasitas otak lumba-lumba hamppir menyamai otak manusia, itulah sebabnya mengapa mereka termasuk binatang yang cerdas. Lumba-lumba adalah hewan yang sangat sosial. Mereka sangat baik dalam meniru suara dan berkomunikasi  satu dengan yang lain dengan “bahasa” yang canggih. Lumba-lumba mengeluarkan gelombang ultrasonar yang berfrekuensi tinggi.  Itulah mengapa lumba-lumba bisa dimanfaatkan untuk pengobatan karena gelombang sonar lumba-lumba bermanfaat untuk terapi anak autis, down syndrome, gangguan konsentrasi ataupun gangguan fungsi saraf motorik pascastroke. Lumba-lumba mengeluarkan gelombang ultrasonar yang berfrekuensi tinggi. Kita dapat melihat mereka surfing, balapan, melompat, berputar, bersiul dan menikmati diri mereka sendiri. Mereka gampang dilatih karena mereka tergolong hewan yang ramah, dan melakukan perintah manusia dengan gesit. Mereka juga hewan favorit dalam arena sirkus. Lumba-lumba menggunakan alat dalam lingkungan alam mereka sama dengan yang dilakukan orangutan, lumba-lumba di Australia menggunakan spons untuk melindungi moncong ketika mencari makan di dasar laut.

1. Simpanse


Hewan paling cerdas adalah kera besar, simpanse. Kemampuan intelektual hewan ini mengesankan dan telah lama manusia terpesona olehnya. Mereka dapat membuat dan menggunakan alat-alat, berburu secara kolektif, contohnya mereka membuat tombak untuk berburu kelinci, memetik buah dengan galah, memecah kacang dengan batu. Mereka hidup berkelompok, bersosialisasi bahkan berorganisasi.  Mereka dapat diajarkan menggunakan computer dalam memecahkan masalah numeric. Baru-baru ini, simpanse terlihat mengajar bahasa isyarat untuk bayi mereka tanpa campur tangan manusia. Mereka sering menggunakan manipulasi mental di dalam keluarga mereka. Proyek Genom selesai pada tahun 2005. Hal ini menunjukkan bahwa simpanse saham 98% genetik DNA yang sama seperti manusia. Itulah mengapa Hollywood sangat sering menjadikannya bintang pada film-film mereka.



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Toggle Footer